Kejari Sanggau Terima Predikat WBK dari Kemenpan RB

SANGGAU – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sangggau mendapatkan Penghargaan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negra dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kajari Sanggau Tengku Firdaus didampingi Kasi Intelejen Kejari Sanggau, Rans Fismy saat menerima penghargaan WBK dari Kemenpan RB di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

Penghargaan diterima langsung Kajari Sanggau Tengku Firdaus didampingi Kasi Intelejen Kejari Sanggau, Rans Fismy di Jakarta, Selasa (10/12/2019).
Pemberian Penghargaan Zona Integritas (ZI) menuju WBK tersebut merupakan bentuk apresiasi Kemenpan RB terhadap unit kerja yang berkomitmen melakukan percepatan implementasi reformasi birokrasi.

Kajari Sanggau Tengku Firdaus menyampaikan bahwa Ada beberapa produk unggulan Kejari Sanggau yang dinilai tim Kemenpan RB.

“Terkait pelayanan dan integritas, diantaranya bidang Pidana Umum kita punya program unggulan antar jemput saksi gratis, bidang Kasi Pengelolaan Barang bukti dan Rampasan Pengembalian Barang Bukti yang sudah mempuyai kekuatan hukum tetap secara gratis, “katanya melalui rilisnya, Rabu (11/12/2019).

Kemudian, bidang datun yakni pelayanan hukum gratis, layanan tilang bekerjasama dgn Ojol (Oke Jek), ruang terbuka publik dengan fasilitas makanan dan minuman gratis.
“Sedekah dari sekuruh pegawai dan aplikasi persuratan berbasis IT, “ujarnya.

Kajari menambahkan, diterimanya predikat ini, akan kami jadikan sebagai kontrol bagi kami untuk membuktikan bahwa kami telah ada di WBK.

“Tahun depan akan didorong lagi agar meraih Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), dengan peningkatan pelayanan prima terhadap program-program unggulan pada WBK,” pungkasnya.

Kejari Sanggau dan Pemkab Sanggau melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara antar Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Sanggau di ruang Musyawarah Lantai II Kantor Bupati Sanggau, Kamis (12/9/2019).

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Sanggau, Paolus Hadi, Kepala Kejari Sanggau, Tengku Firdaus, Pj.Sekda Sanggau, Kukuh Triyatmaka, Pimpinan OPD Kabupaten Sanggau dan para tamu undangan.

Sebelum penandatangan, Kajari Sanggau, Tengku Firdaus menyampaikan bahwa kesepakatan kerjasama antara kedua pihak dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yang dimaksud antara lain untuk melaksanakan sebagian tugas dan wewenang Kejaksaan sebagai aparat penegak hukum, yang tidak hanya berperan melaksanakan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksanaan RI.

“Juga berperan dibidang Perdata dan Tata Usaha Negara, sebagai Jaksa Pengacara Negara yang diharapkan dapat memberikan manfaat optimal kepada Instansi Pemerintah, BUMN, BUMD, maupun masyarakat, “katanya.

Penandatangan kesepakatan kerjasama ini lanjutnya, merupakan wujud nyata dalam upaya meningkatkan fungsi dan peran kedua lembaga dalam rangka ikut serta memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional sesuai dengan tugas dan wewenang masing-masing.

“Sebagai Instansi Pemerintah, peranan Pemerintah Kabupaten Sanggau sangatlah besar, terutama dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Sanggau.
Sedangkan bagi Kejaksanaan sebagai Institut Penegak Hukum berperan melakukan Penegakan Hukum, Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum, Tindakan Hukum Lain dan Pelayanan Hukum,”tegasnya.
Dikatakannya, keberhasilan dalam pelaksanan tugas kedua instansi akan banyak ditentukan oleh persoalan sejauhmana sengketa-sengketa mampu diselesaikan dengan baik, dalam arti mampu memberikan solusi-solusi yang tepat bagi pihak-pihak yang bersengketa.

“Disinilah letak arti pentingnya penandatanganan kesepakatan kerjasama ini.

Dimana kedua instansi tersebut bekerjasama untuk menyelesaikan problema-problema hukum yang timbul melalui penegakan hukum, khususnya di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara,”ujarnya.

Kajari juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau yang telah mempercayakan Kejari Sanggau untuk menjalin kerjasama dengan harapan kiranya penandatanganan kesepakatan kerjasama tersebut dapat dilaksanakan, dibina dan dikembangkan secara sungguh-sungguh.

“Serta dapat ditindaklanjuti dengan pemberian surat kuasa khusus dari pihak Pemerintah Kabupaten Sanggau kepada pihak Kejari Sanggau dalam upaya penyelematan dan pemulihan keuangan negara, “ujarnya.

Marilah kita bersama-sama berusaha agar kesepakatan kerjasama ini benar-benar bermanfaat, bukan saja bagi pihak Pemerintah Kabupaten Sanggau dan Kejaksaan Negeri Sanggau, akan tetapi juga bagi pemerintah, negara, serta masyarakat.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan bahwa tujuan dari kesepakatan kerjasama ini sebagai upaya dalam meningkatkan fungsi dan peran kedua lembaga, dalam rangka ikut serta memberikan kontribusi bagi pembangunan nasional sesuai dengan tugas dan wewenang masing-masing.

“Perjanjian kerjasama sudah dilakukan dengan pihak Kejaksanaan Negeri Sanggau pada bulan April yang lalu, sekarang ini perjanjian kerjasama khusus antara Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau bersama Kejaksaan Negeri Sanggau, terutama dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, karena yang kita butuhkan dari Kejari Sanggau yaitu sebagai Jaksa Pengacara Negara (JPN),”jelasnya.

author
No Response

Leave a reply "Kejari Sanggau Terima Predikat WBK dari Kemenpan RB"