“Deteksi Dini, Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker”, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Sanggau Mengadakan Seminar Kesehatan, Test IVA & Sadanis Gratis

Memperingati Bulan Peduli Kanker Payudara Internasional yang jatuh pada bulan oktober ini, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Sanggau menggelar seminar kesehatan, tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan  Pemeriksaan Payudara Klinis (Sadanis)  gratis untuk para peserta seminar. Kegiatan yang bertema “Deteksi Dini Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker Serviks dan Payudara” ini dilakukan demi meningkatkan kesadaran wanita-wanita Indonesia akan pentingnya pencegahan sedari dini. Tes IVA dan Sadanis merupakan salah satu cara untuk deteksi dini dan pencegahan penyakit kanker serviks dan kanker payudara.

Kata Sambutan dari Ibu Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Sanggau (13/10)

Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah  Sanggau ibu Dewi Danang Suryo Wibowo, mengatakan Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari surat OASE Kabinet kerja dan perintah dari Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Pusat untuk mewujudkan wanita Indonesia bebas kanker bertepatan dengan bulan peduli kanker payudara internasional (breast cancer awareness) yang jatuh pada bulan oktober.

Ratusan perempuan memadati Halaman Kejaksaan Negeri Sanggau pagi ini, mereka mengikuti seminar kesehatan deteksi dini kanker leher rahim dan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis), dan tes Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) yang digelar Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Sanggau kegiatan pagi ini (13/10) merupakan deteksi dini terhadap para wanita guna mewujudkan wanita Indonesia yang bebas kanker serviks dan kanker payudara.

Kurang lebih 168 Peserta memadati tempat seminar (13/10)

Sekitar 168 orang ikut seminar kesehatan ini, dan selain istri pegawai Kejaksaan juga diikuti oleh masyarakat umum  dari 168 peserta terdapat 38 peserta yamg langsung ikut test IVA dan Sadanis ini, dari hasil test yang dilaksanakan, tidak ada peserta yang terdeteksi kanker serviks ataupun kanker payudara, Pemeriksaan ini merupakan program kerja dari pusat, dan serentak dilakukan di beberapa daerah di Indonesia. Tujuannya untuk mencegah dan mendeteksi Dini dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Daerah Sanggau juga bekerjasama dengan beberapa pihak terkait, seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, BPJS, dan dari IAD sendiri.

Tes IVA & Sadanis di bantu tenaga medis Bidan dari RSUD M.Th.Djaman Kab.Sanggau (13/10).