MENTERI KESEHATAN MERESMIKAN FASILITAS KESEHATAN DI DAERAH PERBATASAN

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek meresmikan pembangunan fasilitas kesehatan yang berada di daerah perbatasan Kabupaten Sanggau yakni Rumah Sakit Pratama Sekayam, Puskesmas Entikong, dan Puskesmas Balai Karangan pada hari Selasa tanggal 17 April 2018. Secara simbolis acara dilaksanakan di Puskesmas Balai Karangan. Peresmian dilakukan Menteri Kesehatan karena pembangunan fasilitas kesehatan tersebut menggunakan dana DAK Afirmasi tahun 2017.

Selain Menteri Kesehatan, turut hadir beserta rombongan adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Pjs. Bupati Sanggau, Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau, Kapolres Sanggau, Dandim 1402 Sanggau, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Kepala Dinas dan Badan di Kabupaten Sanggau, Muspika Daerah Sekayam Raya dan tamu yang berasal dari tokoh adat dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Nila F. Moeloek mengatakan jika fasilitas yang dibangun di daerah perbatasan sudah bagus dan tidak kalah dengan fasilitas kesehatan negara tetangga (Kuching, Malaysia). Nila berharap masyarakat di daerah perbatasan tidak perlu lagi memeriksakan kesehatannya di Kuching, Malaysia. “Saya terharu dengan selesainya pembangunan dua Puskesmas di sini, bisa kita lihat bagunannya bagus sekali bahkan Puskesmas di Jakarta kalah bagus dengan Puskesmas di sini.” kata Menteri lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu. Untuk itu Menteri Kesehatan berpesan supaya apa yang sudah dibangun dapat dirawat dengan baik.

Selesainya pembangunan dua Puskesmas dan Rumah Sakit Pratama di Sekayam Raya, daerah perbatasaan Kabupaten Sanggau tidak lepas dari pendampingan yang dilakukan oleh TP4D Kejaksaan Negeri Sanggau. Pjs. Bupati Sanggau, Moses Tabah dalam acara peresmian tersebut memberikan plakad sebagai ucapan terima kasih atas pendampingan yang dilakukan oleh TP4D Kejaksaan Negeri Sanggau. Plakad diserahkan oleh Pjs. Bupati Sanggau kepada Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau, Dr. M. Idris F. Sihite, SH, MH selaku Pembina TP4D Kejari Sanggau; Kasi Intel Sanggau, Iman Khilman selaku Ketua TP4D Kejari Sanggau; dan Kepala Cabang Kejari Sanggau di Entikong, Sabar E. Batubara.