PENANDATANGAN MOU ANTARA KEJAKSAAN TINGGI KALIMANTAN BARAT DENGAN LPP RRI WILAYAH KALBAR DALAM PROGRAM “JAKSA MENYAPA”

Penandatangan Mou Antara Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat Dengan Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Wilayah Kalbar pada hari Kamis Tanggal 18 Januari 2018 bertempat di Aula Kejaksaan Tinggi telah dilakukan dengan Program “Jaksa Menyapa”. Program “Jaksa Menyapa” merupakan kegiatan Kejaksaan Agung untuk membangun sarana hubungan masyarakat melalui program dialog interaktif. Dengan sarana tersebut, masyarakat diharapkan bisa lebih mengenal dan memahami kinerja kejaksaan, khususnya terkait pelayanan bagi masyarakat untuk memeroleh keadilan.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri para Kajari di seluruh kalbar dan kepala RRI Entikong serta kepala RRI sintang. Penandatangan Mou antara Kejari Sanggau  dengan Stasiun RRI Entikong dilakukan oleh Danang Suryo Wibowo, SH., LL.M selaku Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau dengan Ir. Octovianus selaku Kepala LPP RRI Entikong, namun dalam beberapa  kurun waktu sebelumnya pihak Kejari Sanggau sudah melakukan terlebih dahulu program “HALO JAKSA” beserta Stasiun RRI Entikong.

Program tersebut juga dimaksudkan untuk menghadirkan komunikasi dua arah antara institusi kejaksaan dan masyarakat di Kabupaten Sanggau. Di satu sisi masyarakat memperoleh solusi dan pencerahan terkait permasalahan hukum yang dihadapi. Kemudian, di sisi lain kejaksaan mendapat banyak masukan dan umpan balik. Program ini untuk menghapus paradigma institusi yang kaku dan menakutkan. Seyogyanya, kondisi tersebut seringkali menimbulkan kekhawatiran dan keengganan masyarakat untuk menyampaikan permasalahan hukum yang sedang dihadapi atau diketahuinya. Kepala Kejaksaan Negeri Sanggau Danang Suryo Wibowo, SH., LL.M berharap program itu bisa memberikan pencerahan sadar hukum melalui informasi yang bersifat edukatif, pungkasnya.