Sosialisasi Prona di Badan Pertanahan Kabupaten Sanggau 18 Februari 2016

IMG_20160218_143743

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kepala BPN Sanggau, Oloan Sitanggang membuka resmi kegiatan sosialisasi tentang proses prona, di aula kantor BPN Sanggau, kamis (18/2/2016). Tahun ini BPN Pusat menggelontorkan 1200 bidang prona yang diperuntukan untuk 7 kecamatan di kabupaten Sanggau.

Diantaranya kecamatan Mukok, Kembayan, Tayan Hulu, Tayan Hilir, Toba, Meliau dan Entikong. Agar prosesnya berjalan lancar sesuai rencana dan aturannya, pihak BPN Sanggau menggandeng Kejaksaan untuk memberikan penyuluhan hukum.

Pada Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kasi Intel Kejaksaan Negeri Sanggau, Bapak Tri Nurhadi, SH, para camat, kades, perwakila dari Bapeda, serta para Kepala Seksi dari lingkungan Badan Pertanahan Kabupaten Sanggau.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Sanggau, Tri Nurhadi,SH menegaskan bahwa program prona harus didukung oleh semua lapisan masyarakat. Agar prosesnya berjalan lancar, semua pihak terkait harus mematuhi semua aturan perundang-undangan yang berlaku.

Program Nasional Pertanahan (PRONAS) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan proses legalisasi aset melalui pemberian sertifikat gratis. Semua proses sudah ada prosedurnya, jika ada penyimpangan tentunya akan berhadapan dengan proses hukum pidana dan korupsi yang juga menyangkut urusan pertanahan lainnya.

Pada dasarnya proses Pronas tersebut merupakan suatu upaya yang ditunjukan untuk memberikan pelayanan pendaftaran tanah pertama kali dengan sederhana , mudah dan cepat. Dengan mempunyai sertifikat tanah tentunya akan memberikan jaminan kepastian hukum atas bidang tanah yang dimiliki, meminimalkan sengketa, konflik dan perkara pertanahan.