Upacara HBA 22 Juli 2015

No comment 1063 views

Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa kita tahun ini mengangkat tema Tingkatkan Kinerja, Bela Anak Bangsa. Tema besar tersebut didasarkan pada pemikiran :

Pertama, Kejaksaan selaku institusi penegak hukum dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya hendaknya mempunyai Idealisme, Nilai dan Citra.

Idealisme mengandung makna bahwa setiap warga Adhyaksa harus dapat mengabdikan dirinya menjadi pembela rakyat, berpihak kepada kebenaran dan keadilan.

Nilai, artinya apa yang ditugaskan oleh negara kepada lembaga Kejaksaan harus dapat membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi Rakyat dan hasilnya juga dapat dirasakan oleh rakyat.

Sedangkan Citra dimaksudkan bahwa apa yang dilakukan Lembaga Kejaksaan harus dapat mencerminkan jati dirinya sebagai aparat penegak hukum yang dekat dengan rakyat, bermartabat dan terpercaya.

Kedua, lembaga Kejaksaan senantiasa harus mempunyai kepedulian sebagai lembaga yang lahir besar dan bekerja untuk rakyat, memberikan edukasi kepada masyarakat sebagai upaya mencegah terjadinya segala bentuk tindak pidana.

Ketiga, tema tersebut juga untuk menggambarkan bahwa seluruh Tugas Pokok dan Fungsi Kejaksaan semata-mata dilakukan demi membela anak bangsa, mendukung program pemerintah khususnya dalam bidang penegakan hukum, sekaligus mengawal keberhasilan pembangunan.